Pengertian Smartphone

smartphone
diproses - Kata "smartphone" didefinisikan dalam Kamus Oxford American sebagai "ponsel yang menggabungkan (Personal Digital Assistant) PDA".  









Jadi, menurut definisi, smartphone adalah perangkat telekomunikasi serbaguna. Smartphone atau yang disebut juga piranti pintar dewasa ini menjadi trend yang mewabah di Indonesia, digemari nya Smartphone ini juga bukan tanpa alasan, tapi karena feature yang ditawarkan sangat menarik dan mengubah hobi pengguna untuk browsing, chating dan semacam nya yang awalnya dilakukan secara setatis, sekarang dengan smartphone bisa dilakukan dengan mobile atau bergerak.

Seperti hal nya pengguna atau user yang semakin cerdas memilih perangkat pintar nya, vendor pun bersaing menawarkan feature dan interface yang menarik dan mudah untuk penggunanya, mereka menawarkan OS (operating system) dan aplikasi yang memanjakan penggunanya, RIM menawarkan OS Blackberry, Aple dengan Iphone nya, Samsung, Sony, Huawei, dan beberapa vendor lainnya mengadopsi Android sebagai OS nya, ada juga yang memakai jasa Windows phone untuk OS , seperti yang dilakukan oleh Nokia.

Fisik dan geografis menjadi semakin tak berjarak, secara sosial pun masyarakat semakin tak bersekat. Sebuah kemajuan yang sangat patut disyukuri, smartphone merupakan pengembangan dari mobile phone atau lebih dikenal dengan handphone yang diciptakan awal mula sekitar 40 tahun lalu oleh Martin Cooper dari Motorola. Ponsel yang berbentuk besar sekali itu mempunyai berat sekitar 1,15 kg dan panjang sekitar 10 inch serta hanya bisa digunakan selama 20 menit saja sebelum baterai nya habis. Namun dalam perkembangan nya hingga jadi smartphone pada saat ini, dengan dimensi yang lebih elegan dan indah juga bisa lebih multi fungsi sehingga tidak hanya digunakan untuk telepon dan sms saja, kekuatan baterai nya pun bisa lebih tahan lama hingga dapat bertahan beberapa hari standby dengan sekali full charge.

Smartphone sangat berguna untuk orang-orang sibuk dalam masyarakat modern. Namun sebenarnya hal menarik bagipengguna smartphone adalah untuk menemukan apa yang perangkat anda dapat lakukan, dan benar-benar mengambil keuntungan dari itu. Banyak orang hanya menggunakan gadget seharga 2 jutaan mereka sebagai ponsel sederhana untuk komunikasi telepon, messege service atau chat saja. Itu karena mereka tidak pernah meng-eksplorasi smartphone meraka yang berbentuk seperti layak nya telepon selular, atau tidak pernah memiliki waktu untuk sekedar baca buku manual dari ponsel nya. Dan itu membuat investasi untuk membeli gadget mahal menjadi kurang efektif.

Para produsen pendukung teknologi pun bersaing dengan sangat terbuka  untuk memberi aplikasi paling mudah bagi masyarakat pengguna atau user. Meski negara kita terbilang negara berkembang tapi kalau masalah ganti gadget masyrakat kita tidak kalah dengan masyarakat negara maju, bahkan menurut  survei dari Frost & Sulivan, untuk feature phone, orang indonesia setiap 8 sampai 14 bulan sekali ganti smartphone. Marak nya pengguna smartphone di Indonesia disebabkan oleh demam internet yang melanda dunia,  survei lain mengatakan bahwa 23% pengguna smartphone menghabiskan waktu nya untuk membuka facebook, jejaring sosial yang sedang menjadi wabah bagi masyarakat dunia.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Smartphone sering menjadi incaran penggila gadget seluruh dunia... tapi apakah smart tools lain sering diincar juga..? Apalagi jika sudah berhubungan dengan alat-alat listrik ya....