Cara Tradisional Menghilangkan Bekas Jerawat

jerawat
diproses - Jerawat muncul dikulit wajah yang mulus tentu tidak menyenangkan, apalagi bila bekas jerawatnya tidak hilang.


















 
Banyak kaum remaja putri yang termasuk mungkin Anda yang telah mencoba berbagai macam cara menghilangkannya. Ada yang mencoba menggunakan cara alami atau tradisional. Bahkan ada yang menggunakan bahan obat-obatan, termasuk membersihkan flek hitam di wajah. Lalu apa sih jerawat itu? Jerawat adalah keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit serta adanya sel sel kulit mati yang menyumbat keluarnya minyak dari dalam kulit.

Nenek moyang kita sudah menguasai dan mewariskan cara menghilangkan bekas jerawat di wajah secara tradisional dengan mudah yaitu, jeruk nipis, buah apel, buah nanas, madu, asam jawa, kunyit dan sari pohon teh. Berikut penjelasannya :

Masker Buah Nanas atau Apel
Caranya parut buah tersebut dengan parutan tradisional kemudian balurkan pada wajah Anda. Diamkan selama 15-20 menit. Saat terbaik melakukan ini adalah pada saat sebelum tidur malam.
 
Madu dan Jeruk Nipis
Madu yang dicampur dengan jeruk nipis dapat menjadi alternatif yang bagus sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat. Caranya keduanya dicampur, kemudian oleskan pada wajah Anda secara merata selama 15-20 menit setelah bangun tidur.
 
Bubuk kayu cendana dan Air Mawar
Cara Menghilangkan bekas jerawat bopeng bisa juga dilakukan dengan bubuk kayu cendana, dimana ia dapat menutupi pori-pori kulit yg membesar karena bekas jerawat. Cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan pada bekas jerawat sebelum tidur dan gunakan selama semalam. Setelah itu bilas menggunakan air dingin pada esok hari. Bekas jerawat akan cepat hilang bila kita menggunaknnya secara rutin dan telaten. Anda dapat mengurangi bekas jerawat dengan cara mengoleskan bubuk kayu cendana yang dicampur dengan perasan air mawar. Usahakan masker pada malam hari dan dibersihkan pada pagi hari. Untuk antisipasi agar kulit tidak kering, Anda dapat menambahkan susu pada ramuan bubuk cendana. Sebaiknya gunakan beberapa jam saja.Jangan sampai semalaman.
 
Es Batu
Cara sederhana untuk mengatasi bekas jerawat yakni dengan es batu. Pori-pori yang membesar karena jerawat, dapat ditutupi dengan cara mengopres pada wajah wajah. Lakukan sekurang-kurangnya waktu + 15 menit tiap hari.
 
Timun dan Tomat
Timun atau tomat memiliki efek dingin dan mengencangkan kulit. Hal ini cukup bagus untuk memasker wajah yang ada bekas jerawatnya. Caranya oleskan timun atau tomat yang sudah dibelah pada area wajah selama 15 menit. Bilas. Lakukan tiap pagi dan sore hari. Manfaat lain dari tomat adalah ia dapat mengecikan pori-pori wajah dan bermanfaat untuk menghilangkan komedo serta mengurangi kulit yang berminyak.

Tidak ada komentar: