Manfaat Minyak Zaitun

buah zaitun
diproses - Sejatinya minyak zaitun memang terkenal berkat kebaikannya bagi kesehatan kita. Dengan aroma yang khas, minyak yang berasal dari buah Zaitun ini dapat digunakan untuk memasak maupun dikonsumsi langsung.
















Sebagian ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi minyak zaitun karena diketahui mengandung banyak lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh dan kesehatan kita. Selain itu, berdasarkan penelitian, minyak zaitun juga mampu mencegah beragam penyakit.

Jantung
Para ilmuwan telah menunjukkan bukti bahwa minyak zaitun bisa memberikan perlindungan dari serangan jantung dan stroke. Dalam sebuah penelitian mengenai antioksidan utama dalam minyak zaitun, peneliti Portugal menunjukkan salah satu antioksidan tertinggi dalam minyak zaitun, DHPEA-EDA, dapat melindungi sel darah merah dari kerusakan.

Alzheimer
Tim peneliti dari Northwestern University dan Monell Chemical Senses Center menunjukkan senyawa alami oleocanthal dalam minyak zaitun bisa membantu mengobati dan mencegah penyakit alzheimer.

Kolesterol 
Dalam 80% minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang melawan oksidasi. Asam lemak tak jenuh tunggal ini melawan menjadi tingkat kolesterol baik dan kolesterol buruk. Selain itu, kehadiran fenol, tokoferol dan antioksidan alami lainnya dalam minyak zaitun juga mencegah pembentukan radikal bebas tertentu yang dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh manusia.

Kanker usus
Peneliti Spanyol menunjukkan bahwa minyak zaitun dalam makanan Anda menawarkan manfaat bagi pencegahan kanker usus besar. Hasil penelitian menggunakan tikus menunjukkan bahwa tikus yang diberi makanan dilengkapi minyak zaitun memiliki risiko kanker usus lebih rendah dibandingkan tikus diberi makan dengan minyak lain.

Tidak ada komentar: