Kapal Selam Raksasa Kursk Tenggelam

diproses - Kursk, Kapal Selam raksasa buatan Rusia yang lahir oleh karena kebutuhan Perang dingin yang tenggelam ( 12 Agustus 2000 ) akibat salah satu torpedo nya meledak dan menenggelamkan semua crew kapal selam ke dasar laut Barens Russia Salah satu korban tewas (Dmitry Kolesnikov, 27 Tahun) sempat menuliskan pesan kepada istri dan semua orang yang mungkin membaca nya berisikan pesan "Jangan pernah putus asa..." 

 

Petikan yang sempat dilihat dan dicatat dalam kenangan itulah yang menghias peti mati Dmitry Kolesnikov: "Pukul 15.45. Cahaya makin lemah, terlalu gelap untuk menulis. Tapi, aku akan terus mencoba menulis dengan rasa. Tampaknya, bagiku sudah tak ada kesempatan sama sekali, walau cuma 10%, atau 20%. Mudah-mudahan kelak ada yang membaca suratku ini..." . Kecelakaan yang sempat membuat pihak Navy Russia kehilangan muka dan malu itu menurut banyak pihak masih bisa di hindari. Kecelakaan ini mungkin yang terbesar setelah kecelakaan kapal selam K-19 akibat bocornya reaktor nuklir.

Yang menarik adalah, untuk sebuah investigasi yang sangat di inginkan dari pihak keluarga korban, pemerintah Russia memutuskan untuk mengangkat bangkai kapal selam Kursk dari dasar laut barens. Perencanaan nya pun memerlukan waktu yang sangat lama dan juga konsep pengangkatan yang tidak sembarangan, karena menyangkut kapal selam nuklir yang masih aktif dan juga ada beberapa torpedo yang masih belum di gunakan, jadi memerlukan ke hati hati an yang sangat tinggi untuk mengangkatnya.Sebuah kapal raksasa disiapkan sebagai kapal pengangkat yang dilengkapi dengan kabel kabel hidrolik yang menjuntai turun ke dasar laut menuju lokasi dimana bangkai tersebut berada, sementara itu team penyelam, berkerja extra keras sebelum pengangkatan dengan membuat lubang lubang di body Kursk untuk pengait. Pekerjaan menyelam bukanlah hal yang mudah,karena penyelam akan merasakan betapa dingin nya air di perairan barens dan juga tekanan air. Penyelam penyelam yang akan melakukan pengeboran,pengelasan dan penggergajian di body Kursk di tempatkan di sebuah kapal pengendali yang mendesain ruang khusus penyelam yang bertekanan, sehingga penyelam terbiasa dalam pekerjaan dasar laut, untuk pemindahan penyelam dari kapal ke dasar laut tempat Kursk berada menggunakan semacam wahana khusus. Pekerjaan ber bulan bulan itu pun serasa sangat melelahkan, karena mempertimbangkan berbagai aspek mengenai pasang air laut di perairan barens yang pada bulan september menjadi sangat sangat berbahaya bagi ekspedisi pengangkatan ini.




Tidak ada komentar: