Belasan Penambang Emas Nyaris Tertimbun

penambangan emas di aceh
diproses - Sebanyak 13 penambang emas tradisional di kawasan gunung Gampong Panton Luas, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, malam sekira pukul 22.30 WIB dilaporkan nyaris tertimbun, akibat mulut lubang terowongan galian batu emas yang digali mereka tertutupi longsor. Beruntung ke-13 penambang emas itu selamat karena berhasil keluar melalui terowongan pintu lubang penambang emas lainnya.





 

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Sigit Jatmiko SH SIK, yang dikonfirmasi Serambi (Tribunnews Network) melalui Kapolsek Sawang, AKP Samsul Anwar membenarkan adanya kejadian itu.
"Benar ada longsor di tambang emas tradisional tepatnya di Desa Panton Luas, tapi tidak ada korban jiwa maupun luka," jelas AKP Samsul Anwar singkat.

Dandim 0107/Aceh Selatan, Letkol Inf Saripuddin SIP yang dikonfirmasi Serambi, Minggu (23/12/2012) malam juga membenarkan adanya kejadian itu. Menurut informasi yang diperolehnya ke-13 penambang emas yang nyaris tertimbun itu berhasil menyelamatkan diri melalui lubang terowongan penambang yang lain, sehingga semuanya dilaporkan selamat.

"Sudah kami cek, memang benar pada jam 22.30 WIB dikabarkan ada satu lubang galian batu emas milik Jul cs longsor. Diperkirakan ada 13 pekerja yang teperangkap di dalam, namun setelah dicek longsor hanya menutupi pintu lubang bagian atas, tidak langsung ambruk ke bawah. Selanjutnya pekerja yang di dalam bisa keluar melalui pintu lubang orang lain. Maka semua pekerja selamat," ujar laporan Dandim 0107/Aceh Selatan.

Tidak ada komentar: